Ads

Cara Cepat Membangun List Database

Teman teman sudah pasti tahu bahwa dari jaman dulu pada saat internet mulai diperkenalkan kepada dunia. email merupakan hal yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi via media online baik untuk curhat sesama teman maupun untuk keperluan bisnis. dan ternyata dengan semakin berkembangnya teknology informasi saat ini. semua orang membutuhkan database untuk keperluan bisnis baik jangka pendek maupun jangka panjang. karena hanya dengan memiliki database lah bisnis kita tidak tergantung kepada search engine.
berikut ini saya share cara cepat membangun list.
  1. Cari produk gratis atau berbayar yang banyak tersedia di internet untuk dibagikan secara gratis kepada lead atau member yang bergabung dalam optin newsletter kita. tapi tentu sesuaikan dengan niche website yang kita bangun. misal kita buat web tentang internet marketing maka jangan tawarkan bonus gratis ebook turun berat badan. tentu sangat tidak ada hubungannya sama sekali. dan tentu member atau lead yang sudah memasukan email mereka secara sukarela harus kita bina hubungan baik untuk keberlangsungan bisnis kita baik secara offline maupun online. maksudnya adalah jangan kita mengirimkan mereka email sampah berupa penawaran macam-macam yang tentu mereka tidak merasa nyaman dengan hal tersebut. tapi berikan lah mereka tips, bonus dan informasi menarik lainnya yang berkaitan dengan website kita. karena untuk menawarkan sesuatu ada waktunya. ingat satu hal apabila kita banyak memberi maka suatu saat kita akan menerima berlipat ganda hasilnya dari kita memberi.
  2. daftar autoresponder gratis saat ini yang terbaik adalah listware. fungsi dari autoresponder ini adalah menangkap email yang diberikan oleh pengunjung blog kita melalui form seperti contoh pada blog ini dipojok kanan sidebar.
  3. Siapkan blog atau halaman khusus untuk mengumpulkan lead/list namanya squeeze page yang didalamnya ditempatkan form optin untuk menerima email dari pengunjung.Apabila anda membuat squeeze page/halaman khusus untuk mendapatkan email. perlu diperhatikan poin-poin berikut ini : headline ( kalimat pembuka ), sub headline, list/benefit yang ditawarkan. gambar ebook atau video untuk menarik pengunjung lalu kalimat Call To Action yang biasa berisi silakan masukan email anda untuk mendapatkan bonus dll.... dalam membuat squeeze page sebaiknya siapkan 2 - 3 halaman yang berisi halaman utama squeeze page tempat kita menempatkan email form, halaman terima kasih dan info konfirmasi link yang sudah terkirim ke email member untuk dicek, dan terakhir adalah halaman download page. ( nanti untuk materi pembuatan squeeze page akan saya bahas lebih detail )
  4. siapkan hosting tempat menyimpan file - file halaman squeeze page, halaman terima kasih dan halaman download serta file download itu sendiri. apabila teman baru belajar bisa gunakan hosting gratis seperti..... atau kalau emang sudah serius mantap fokus di bisnis internet bisa gunakan hosting berbayar seperti bluehost yang bagi saya sangat  baik. lalu upload semua file yang saya sebutkan tadi dari komputer ke hosting supaya bisa online.
  5. siapkan email follow up yang berfungsi memberikan respon kepada pengunjung yang sudah mengisi form. email follow up ini kita siapkan didalam autoresponder tempat kita mendaftar. dibagian lain saya akan bahas khusus untuk membuat email follow up.
  6. Datangkan traffic ke blog atau squeeze page tempat kita menempatkan form email. yang tujuanya supaya diketahui dan ada pengujung yang datang. ada 2 cara mendatangkan traffic 1. cara berbayar 2. cara gratis.
  7. Lalu setelah anda sudah mendapatkan banyak pengunjung yang memasukan email mereka pertanyaan selanjutnya apa yang harus dilakukan. yang paling penting adalah jadikan mereka sebagai partner kita yaitu berikan mereka info atau tips menarik setiap 3 hari atau 1 minggu sekali untuk membangun kepercayaan. jangan coba untuk langsung menawarkan membeli produk kalau anda tidak ingin mereka menghapus email mereka dari database anda. setelah 3 bulan barulah anda coba menawarkan sesuatu baik berupa penjualan produk fisik maupun produk digital.  
Demikian info cara membangun database untuk bisnis jangka panjang di internet semoga bermanfaat. silakan berikan komentar dan saran untuk meningkatkan qualitas blog ini dikemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar